PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Serafina Lucky Charistian Harly, M. Syukri, Desni Yuniarni

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional melalui metode bermain permainan tradisional pada anak usia 5-6 tahun di TK Bruder Nusa Indah Pontianak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara umum dapat ditarik kesimpulan: (1) Perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bermain permainan tradisional untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Bruder Nusa Indah Pontianak tahun ajaran 2013-2014 disiapkan dengan kategori “baik” dengan rata-rata skor 3,65. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain permainan tradisional untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Bruder Nusa Indah Pontianak tahun ajaran 2013-2014 dapat dikategorikan “baik” dengan rata-rata skor 3,72. (3) Peningkatan sosial emosional anak usia 5-6 tahun setelah melakukan permainan tradisional di TK Bruder Nusa Indah tahun ajaran 2013-2014 sudah dapat dikatakan “baik” dengan peningkatan rata-rata 80%.

Kata Kunci: Sosial Emosional, Permainan Tradisional.


Abstract: The general objective of this study was to determine the increase in social emotional development through the traditional method of playing the game at 5-6 year olds in kindergarten Bruder Nusa Indah Pontianak. The method in this study uses descriptive methods. The results of data analysis showed that in general it can be concluded: (1) Planning the teachers in learning to use traditional methods of playing the game to improve the social emotional development of children aged 5-6 years in kindergarten Bruder Nusa Indah Pontianak school year 2013-2014 prepared by category of "good" with an average score of 3.65. (2) The implementation of learning by using the traditional method of playing the game to improve the social emotional development of children aged 5-6 years in kindergarten Bruder Nusa Indah Pontianak 2013-2014 school year can be categorized as "good" with an average score of 3.72. (3) Increased social emotional children aged 5-6 years after the traditional game in kindergarten Bruder Nusa Indah 2013-2014 school year can already be said to be "good" with an average increase of 80%.

Keywords: Social Emotional, Traditional Games.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats