KEMAMPUAN MENGENAL BINATANG YANG HIDUP DI AIR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan anak mengenal binatang yang hidup di air sebelum menerapkan media gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Mekar Harapan Pontianak, 2) Pembelajaran mengenal binatang yang hidup di air dengan menggunakan media gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Mekar Harapan Pontianak, 3) Kemampuan anak mengenal binatang yang hidup di air setelah menerapkan media gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Mekar Harapan Pontianak dan 4) Peningkatan kemampuan anak mengenal binatang yang hidup di air setelah menerapkan media gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Mekar Harapan Pontianak. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan berupa observasi, IPKG I, IPKG 2 dan wawancara. Langkah-langkah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan atau Observasi dan 4). Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan anak mengenal binatang yang hidup di air setelah menerapkan media gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Mekar Harapan Pontianak, mengalami peningkatan di mana pada siklus I pertemuan ke III memperoleh nilai 51.85, sedangkan pada siklus II pertemuan ke III memperoleh nilai 94.44.
Kata Kunci: Mengenal Binatang, Media Gambar.
Abstract: The purpose of this study was to determine: 1) The ability of the child to know the animals that live in water before applying the image media in Children Aged 5-6 Years Kindergarten Blooming Hope Pontianak, 2) Learning to know the animals that live in the water by using the media image in Children age 5-6 Years Kindergarten Blooming Hope Pontianak, 3) the ability of children to know the animals that live in water after applying media images on 5-6 Year Olds Kindergarten Blooming Hope Pontianak and 4) Increasing the ability of children to know the animals that live in water after applying the media images on 5-6 Year Olds Kindergarten Blooming Hope Pontianak. Researchers using descriptive methods. The research is a form of class action. Analysis of the data used in the form of observation, I IPKG, IPKG 2 and interviews. The steps of this research are as follows: 1). Planning, 2). Implementation, 3). Observations or observation and 4). Reflection. The results showed an increase in the ability of the child to know the animals that live in water after applying media images on 5-6 Year Olds Kindergarten Blooming Hope Pontianak, where the increase in the first cycle to the third meeting of scoring 51.85, while the second cycle III meeting to obtain value of 94.44.
Keywords: Animals Know, Media Image.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5906
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .