PENINGKATAN AKTIVITAS MURID DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II SD
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas fisik, mental, dan emosional murid dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas II SDN 17 Kase Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan 24 orang murid. Teknik yang digunakan adalah observasi langsung dengan alat pengumpul datanya lembar observasi guru dan murid. penelitian yang dilaksanakan dalam 3 tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) aktivitas fisik mengalami peningkatan dari baseline 34,72% ke siklus III 97,22% meningkat sebesar 62,50% (2) peningkatan aktivitas mengalami peningkatan dari baseline 20,83% ke siklus III 79,17% meningkat sebesar 58,33%, dan (3) peningkatan aktivitas emosional mengalami peningkatan dari baseline 36,11% ke siklus III 97,22% meningkat sebesar 61,11% .
Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas, Demonstrasi, Matematika
Abstract : The purpose of this study was to describe the increase in physical activity , mental , and emotional learning of students in mathematics by using methods of class II demonstration at SDN 17 Kase Landak . The method used in this research is descriptive method , research the type of class action . Subjects were a teacher and 24 students. The technique used is direct observation by means of collecting data sheet observations of teachers and students . research carried out in 3 stages , namely planning, implementation , observation , and reflection is obtained the following results : ( 1 ) physical activity increased from baseline 34.72 % to 97.22 % the third cycle increased by 62.50 % ( 2 ) an increase in activity from baseline increased 20.83 % to 79.17 % the third cycle increased by 58.33 % , and ( 3 ) an increase in emotional activity increased from baseline 36.11 % to 97.22% third cycle increased by 61 , 11 % .
Keywords : Improvement , Activities , Demonstrations , Mathematics
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats