KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABCD DENGAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI KARYA NILAM KETAPANG

Demi Marpirah, Fadillah ., Marmawi R

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan kognitif anak dalam mengenal pola ABCD-ABCD masih belum berkembang secara optimal seperti anak belum dapat membedakan pola ABCD-ABCD, anak belum dapat mengurutkan pola ABCD-ABCD, anak belum dapat melengkapi pola ABCD-ABCD. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru belum menunjukkan hasil yang maksimal terutama dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal pola ABCD-ABCD. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah anak yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data, secara umum dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan  pembelajaran antara lain: merumuskan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Hasil belajar, 2) Pelaksanaan pembelajaran antara lain:  melaksanakan pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main, pijakan setelah main. Adapun perencanaan yang dilakukan guru dengan kriteria “baik”. 3) Respon anak terhadap pembelajaran antara lain: a) Anak mengurutkan pola ABCD-ABCD, b) Anak melengkapi pola ABCD-ABCD, c) Anak menemukan pola ABCD-ABCD .

Kata kunci : Pola ABCD-ABCD, Media Gambar.

 

Abstract: This research is motivated in a child's cognitive ability to know ABCD-ABCD pattern is still not optimal development as the children can not distinguish a pattern ABCD-ABCD, children may not be able to sort the ABCD-ABCD pattern, children may not be able to complete the pattern ABCD-ABCD. Learning activities that teachers do not show the maximum results, especially in improving cognitive abilities in a familiar pattern of ABCD-ABCD. This research is a form of action research with descriptive methods. Subjects were children who totaled 15 children. Based on the research that has been done and through the results obtained after the analysis of the data held, in general can be drawn a conclusion that: 1) Planning learning include: formulating the Core Competencies, Basic Competence, Indicators, learning outcomes, 2) Implementation of the lesson, including: implement environmental footing, footing before playing, while playing a foothold, footing after the play. The planning that teachers do with the criteria of "good". 3) the child's response to learning include: a) Children sort the ABCD-ABCD pattern, b) Children complement ABCD-ABCD pattern, c) Child find ABCD-ABCD pattern.

Keywords: ABCD-ABCD Pattern, Picture Media.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons