UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI MODIFIKASI MEDIA KARET PADA SISWA KELAS XI SMA

Yeni F48112024, Kaswari ., Edi Purnomo

Abstract


Improving Learning Through High Jump Style Straddle Rubber Modified Media Students In Class XI SMA N 2. Experimental method using the media to replace the rubber strap high jump bar equipment. Because the game is very popular among rubber strap Slash society generally. The study used a qualitative approach, descriptive method, this type of research is action research. Research techniques that direct observation techniques and techniques of direct communication with a data collector. The subjects were students of class XI of SMAN 2 Slash. Male students were 30 0rang. The study was conducted in the first semester of academic year 2013/2014 starting in October and ending in December 2013. Study was conducted for 2 cycles. results obtained by students in the high jump ability straddle style are significant results after replacing the bar in the high jump media using a rubber strap. Inferred from the data obtained an increase in each cycle. studies using strategies to replace the high jump crossbar with rubber strap in the high jump high jump skills can improve straddle style.

Keywords: High Jump Skills Improvement qualitative.

 

Abstrak :Meningkatkan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Modifikasi Media Karet Pada Siswa Kelas XI SMA N 2. metode eksperimen menggunakan media tali karet untuk mengganti mistar peralatan lompat tinggi. Karna permainan tali karet sangat populer dikalangan masyarakat Tebas  umumnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskritif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian yaitu teknik observasi langsung dan teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpul data. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Tebas. Siswa laki-laki berjumlah 30 0rang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2013. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. hasil yang diperoleh kemampuan siswa dalam lompat tinggi gaya straddle terdapat hasil yang signifikan setelah mengganti mistar pada media lompat tinggi menggunakan tali karet. Dari data di peroleh disimpulkan terjadi peningkatan setiap siklus. penelitian menggunakan strategi mengganti mistar lompat tinggi dengan tali karet pada lompat tinggi dapat meningkatkan keterampilan lompat tinggi gaya straddle.

Kata Kunci : Peningkatan Keterampilan Lompat tinggi kualitatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons