PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan “Untuk Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik Menggunakan Media Konkret Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas V Sekolah Dasar”. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bersifat kualitatif dan bentuk metode yang sesuai dengan adalah bentuk survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan angket. Aktivitas fisik peserta didik sebelum tindakan 60,31% menjadi 64,49% pada siklus I, meningkat 76,19% pada siklus II, dan meningkat 82,54% pada siklus III. Aktivitas mental peserta didik sebelum tindakan 42,85% menjadi 61,90% pada siklus I, meningkat 69,84% pada siklus II, dan meningkat 82,54% pada siklus III. Sedangkan pada aktivitas emosional peserta didik sebelum tindakan 53,57% menjadi 67,86% pada siklus I, meningkat 77,38% pada siklus II dan meningkat 86,90% pada siklus III. Dari hasil penelitian tersebut maka pembelajaran menggunakan media konkret dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Kunyit.
Kata Kunci : Aktivitas ; Media Konkret ; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract: This research was conducted with the aim of Improving The Activity Of Learners Using Concrete Media In Learning Natural Science In A Simple Plane Material Grade Five Elementary Schools 12 Sungai Kunyit. This research method is descriptive type of research method used was action research. This is a qualitative study and approiate method is a form of survey forms. Data collection techniques used were direct observation and indirech techniques with a data collection tool in the form of observation sheets questionnaires. Physical activity before action learners 60,31% to 64,49% in cycle I, an increase of 76,19% in cycle II, and increased 82,54% on cycle III. Mental activity before action learners 42,85% to 61,90% in cycle I, an increase 69,84% in cycle II, and increased 82,54% on cycle III. Emotional activity before action learners 53,57% to 67,86% in cycle I, increase 77,38% in cycle II and increased 86,90% on cycle III. From these results it is learning to use the medium of concrete can increase the activity of students in learning natural science in grade five public elementary 12 Sungai Kunyit.
Keywords : Activity ; Concrete Media, Natural Science Learning
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats