PENGARUH PEMANFAATAN POWERPOINT TERHADAP PEMEROLEHAN BELAJAR MENGHITUNG VOLUME KUBUS DI KELAS V SDN 03 TEMPUNAK KABUPATEN SINTANG

IMUS mus, Wahyudi Yudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pemerolehan belajar pada siswa yang terlibat pembelajaran dengan memanfaatkan powerpoint di kelas V SDN 03 Tempunak, 2) perbedaan pemerolehan belajar antara siswa yang terlibat dengan memanfaatkan powerpoint dengan siswa yang terlibat pembelajaran konvensional, 3) Respon siswa terhadap pembelajaran yang memanfaatkan powerpoint.
.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Tempunak Kabupaten Sintang tahun pelajaran 2011/2012 dengan populasi siswa kelas V. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pre- Postes Control Group Design. Sampel penelitian siswa kelas V-A (eksperimen) dan kelas V-B (kontrol). Instrumen pengambilan data berupa tes pemerolehan belajar, angket respon Instrumen pelaksanaan penelitian berupa RPP, CD Multimedia. Teknik analisis data adalah uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) skor rata-rata pemerolehan belajar siswa yang dilibatkan dalam pembelajaran dengan pemanfaatan powerpont mengalami perubahan 3 yaitu dari 6,18 menjadi 9,18 , 2) perbedaan skor rata-rata antara siswa dengan pembelajaran memanfaatkan powerpont dan siswa pembelajaran konvensional t hitungnya 5,728, 3) respon siswa terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan powerpoint dengan kriteria baik untuk ketiga aspek.
Kata kunci: pemanfaatan powerpoint, pemerolehan belajar dan respon


Full Text:

Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Journal of Equatorial Education and Learning

indexed by:

          

              


Journal of Equatorial Education and Learning  published by

[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed  under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons