PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS ST. FRANSISKUS ASISI KABUPATEN BENGKAYANG
Abstract
Abstrak : The problem in this studi is whether there is influence on learning
outcomes method of playing the long jump style hanging. The purpose of this
study was to determine whether the method affects the results of learning to play
the long jump style hanging. The method used in this research is descriptive
quantitative. From of research used in study is pre experiment design (quasi
experimental). In the pre-experimental research design of this study using a onegropup
pretest-posttest dersign. There results indicate an average pree-test 1
=64,33 and the average post-test 2 = 81. With the average value 16,67,
obtained > or 10,986>2,145. If dipersentasikan obtained an increase
of 25,907%. The conclusion of this study is that there is the influence of methods
of playing the long jump results hanging style.
Keywords: method of playing, learning outcomes, long jump style hanging.
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode
bermain terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung . tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah metode bermain berpengaruh terhadap hasil
belajar lompat jauh gaya menggantung. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design (Ekperimen Semu). Didalam
penelitian pre eksperimen design peneliti mengunakan One-Group Pretest-
Postest Design. Hasil dalam penelitian ini menunjukan rata-rata pree-tes 1 =
64,33 dan rata-rata post-tes 2 = 81. dengan rata-rata nilai 16.6667, diperoleh
> atau 10,986 > 2,145. Jika dipresentasikan diperoleh peningkatan
sebesar 25, 907%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh
metode bermain terhadap hasil lompat jauh gaya menggantung.
Kata Kunci: Metode Bermain, Hasil Belajar, Lompat Jauh, Gayab Menggantung.
outcomes method of playing the long jump style hanging. The purpose of this
study was to determine whether the method affects the results of learning to play
the long jump style hanging. The method used in this research is descriptive
quantitative. From of research used in study is pre experiment design (quasi
experimental). In the pre-experimental research design of this study using a onegropup
pretest-posttest dersign. There results indicate an average pree-test 1
=64,33 and the average post-test 2 = 81. With the average value 16,67,
obtained > or 10,986>2,145. If dipersentasikan obtained an increase
of 25,907%. The conclusion of this study is that there is the influence of methods
of playing the long jump results hanging style.
Keywords: method of playing, learning outcomes, long jump style hanging.
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode
bermain terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung . tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah metode bermain berpengaruh terhadap hasil
belajar lompat jauh gaya menggantung. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design (Ekperimen Semu). Didalam
penelitian pre eksperimen design peneliti mengunakan One-Group Pretest-
Postest Design. Hasil dalam penelitian ini menunjukan rata-rata pree-tes 1 =
64,33 dan rata-rata post-tes 2 = 81. dengan rata-rata nilai 16.6667, diperoleh
> atau 10,986 > 2,145. Jika dipresentasikan diperoleh peningkatan
sebesar 25, 907%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh
metode bermain terhadap hasil lompat jauh gaya menggantung.
Kata Kunci: Metode Bermain, Hasil Belajar, Lompat Jauh, Gayab Menggantung.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats