ANALISIS PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALFABET PADA ANAK USIA 5-6

YOSA F54008018, Purwanti -, Indri Astuti -

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsian pembelajaran pengenalan huruf dengan menggunakan media alfabet pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Primanda Untan Pontianak tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan adalah deskriptif, berbentuk kualitatif. Sumber data diperoleh dari guru Taman Kanak-kanak Primanda Untan. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi langsung, komunikasi tak langsung, observasi, dan dokumentasi, alat pengumpul data yang digunakan adalah kamera foto, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis terhadap data hasil dokumenter, data hasil observasi, dan data hasil wawancara. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut. (1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru sudah baik yaitu memenuhi persyaratan di dalam membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH). (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru dengan baik dan memenuhi peraturan menteri pendidikan nasional nomor 41 tahun 2007. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru sudah baik, meskipun tidak adanya tindak lanjut dari pembelajaran pengenalan huruf dengan menggunakan media alfabet. (4) Kesulitan dalam pembelajaran pengenalan huruf dengan menggunakan media alfabet untuk menilai hasil pembelajaran anak. (5) Cara mengatasi kesulitan pembelajaran mengenalkan huruf guru mencoba berpedoman pada penilaian abstrak yaitu pemahaman anak secara lisan dinilai dari pola tingkah laku anak di dalam kelas serta keberhasilan anak dalam melaksanakan kegiatan belajar yang diberikan guru.Saran dalam penelitian ini antara lain : Guru hendaknya memperhatikan standar kompetisi dan kompetisi dasar agar dicantumkan dalam pembuatan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang berpedoman dari Rencana Kegiatan Mingguan (RKM). Guru dapat menstimulasi kemampuan berpikir anak melalui permainan yang dapat merangsang pikiran anak, dan membuat alat main sebanyak tiga kali jumlah anak. Guru hendaknya membuat penilaian secara tertulis tidak hanya evaluasi secara abstrak dan guru juga harus melaksanakan tindak lanjutan setelah dilakukannya evaluasi.

Kata kunci: Pembelajaran Media Alfabet


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Journal of Equatorial Education and Learning

indexed by:

          

              


Journal of Equatorial Education and Learning  published by

[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed  under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons