PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN UKURAN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membedakan ukuran melalui metode demonstrasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Santi Kabupaten Melawi dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru antara lain: a) Membuat Rencana Kegiatan Harian, b) Memilih bahan main. c) Metode Pembelajaran d) Membuat penilaian hasil belajar. 2) Metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membedakan ukuran besar dan kecil dalam pelaksanaannya guru berdasarkan perencanaan yang telah dibuat sesuai dengan tema kebutuhanku dan tema binatang. 3) Metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan dalam mengelompokkan ukuran besar dan kecil pada anak usia 4-5 tahun karena guru dalam pelaksanaannya guru menjelaskan cara mengelompokkan benda sesuai dengan kelompoknya.
Kata Kunci : Ukuran, Metode Demonstrasi
Abstract: The purpose of this research is to improve the ability to distinguish the size through demonstration method in children aged 4-5 years in kindergarten Dharma Santi Melawi using descriptive methods. Based on the findings that: 1) Planning learning that teachers do the following: a) Make a Daily Activity Plan, b) Selecting play materials. c) Learning Method d) Making learning outcomes assessment. 2) demonstration method can improve the ability to distinguish small and large sizes based planning in implementation of teachers that have been made in accordance with the theme of my needs and animal themes. 3) demonstration method to improve the ability to classify large and small size in children aged 4-5 years as a teacher in the implementation of teachers explaining how to classify objects according to the group.
Keywords: Size, Method Demonstration
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.5700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats