ANALISIS PELAKSANAAN BERMAIN SUKU KATA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pelaksanaan bermain suku kata dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah: deskriptif bentuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Semua guru terlibat dalam perencanaan bermain suku kata, bahan main dibuat sendiri dan seminggu sebelum digunakan guru sudah mempersiapkan bahan main. Pelaksanaan bermain suku kata berlangsung enam kali pertemuan, anak-anak berpartisipasi aktif dalam kegiatan.Metode yang digunakan guru dalam pelaksanaan bermain suku kata adalah; metode bercerita, bercakap-cakap, demonstrasi, pemberian penugasan, dan bermain. Media yang digunakan yaitu; buku cerita bergambar, berbagai alat permainan, kartu suku kata, puzzle suku kata, balok, papan tulis, dan sebagainya. Guru melakukan penilaian kepada semua anak untuk mengetahui apakah kemampuan membaca permulaan anak berkembang setelah pelaksanaan bermain suku kata. Kendala yang dihadapi guru adalah waktu yang terlalu singkat.
Kata kunci:Bermain Suku Kata, Membaca Permulaan.
Abstract: This study aims to reveal the implementation of syllables play in developing reading skills beginning in early childhood. The method used is: a qualitative descriptive form. The results showed that: All teachers involved in the planning of syllables play, play materials and made himself a week before teachers use materials already prepared to play. Implementation of syllables play lasted six sessions, the children actively participate in the activities. Methods used by teachers in the implementation of the syllable is playing; method of storytelling, conversation, demonstrations, giving assignments, and play. Media used, namely picture books, various games, card syllable, syllables puzzle, block, board, and so on. Teachers assess all of the children to determine whether the child's ability to read the beginning of the play progressed after implementation syllables. Constraints faced by teachers is too short a time.
Keywords: Syllabary Playing, Literacy Starters.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .