PENINGKATAN KEMAMPUAN DAYA INGAT MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Danawati Safitri, M. Syukri, Desni Yuniarni

Abstract


This research is motivated children's ability in remembering is still very low through the game. This research is a form of action research with descriptive methods . Subjects were 1 teacher and child of 20 children. Based on the research that has been done and through the results obtained after the analysis of the data held that: 1 ) Planning learning puzzle game to improve memory skills of children aged 5-6 years in kindergarten Earth Kendawangan compiled by teachers can be categorized " excellent ". 2 ) Implementation of the learning puzzle game to improve memory skills of children aged 5-6 years in kindergarten Earth Kendawangan be categorized as " excellent ".3 ) Increasing the ability of memory through a puzzle game for children aged 5-6 years can be categorized as" developed very good" by 75 % -80 % with activities including: children can remember the object of the puzzle pieces , children can sort the puzzle pieces to fill the pattern , the child can be given a blank picture on the puzzle. The goal is to implement the learning, especially in improving memory skills of children aged 5-6 years through a puzzle game, the teacher should be able to design a useful approach in order to motivate children to learn memory skills children can develop as it should.

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak dalam mengingat masih sangat rendah melalui permainan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan anak yang berjumlah 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan dan melalui hasil yang di peroleh setelah diadakan analisis data bahwa:1) Perencanaan pembelajaran dengan permainan puzzle untuk  meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kendawangan yang disusun oleh guru dapat dikategorikan “baik sekali”.2) Pelaksanaan pembelajaran dengan permainan puzzle untuk  meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kendawangan dapat dikategorikan “baik sekali”. 3) Peningkatan kemampuan daya ingat melalui permainan  puzzle pada anak usia 5-6 tahun dapat dikategorikan “berkembang sangat baik” sebesar 75%-80% dengan kegiatan antara lain: anak dapat mengingat objek dari potongan permainan  puzzle, anak dapat mengurutkan kepingan puzzle untuk diisi pada pola, anak dapat mengingat gambar yang kosong pada puzzle.Tujuannya untuk melaksanakan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun melalui permainan puzzle, hendaknya guru dapat merancang pendekatan yang berguna dalam memotivasi anak dalam belajar agar kemampuan daya ingat anak dapat berkembang sebagai mana mestinya.

Kata Kunci :  Daya Ingat, Puzzle


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons