PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN KELAS IV SDN 11 SANDAI KETAPANG

Winarni F34210402, Kaswari ., Rosnita .

Abstract


Abstrak: Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Menggunakan Metode Percobaan Di Kelas IV SDN 11 Sandai Ketapang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan aktivitas belajar IPA dengan menggunakan metode percobaan pada peserta didik kelas IV SDN 11 Sandai Ketapang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa observasi langsung kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebagai peneliti maupun peserta didik menggunakan metode percobaan. Berdasarkan analisis dan pengolahan data yang dilakukan diperoleh rata-rata aktivitas fisik pada siklus I adalah 77,7% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Rata-rata aktivitas mental juga mengalami peningkatan yaitu 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 70% pada siklus II, Rata-rata aktivitas emosional mengalami peningkatan dari 75% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Nilai yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar IPA pada setiap siklus dengan menggunakan metode percobaan.

Kata kunci: peningkatan aktivitas belajar, IPA, metode percobaan

Abstract : Improved Method Using the IPA Learning Activities Experiments In Class IV SDN 11 Sandai Ketapang . This study aims to gain an idea of ??the increased activity of learning science experiments using the fourth grade students of SDN 11 Sandai Ketapang . This study is an action research conducted in two cycles each cycle consisted of two meetings . Data collection techniques using instruments such as direct observation of learning activities undertaken by teachers as researchers and students using experimental methods . Based on the analysis and processing of data obtained by the average do physical activity in the first cycle was 77.7 % increasing to 84 % in the second cycle . Average mental activity is also increased 50 % in the first cycle and increased to 70 % in the second cycle , average emotional activity increased from 75 % in the first cycle increased to 85 % in the second cycle . Values ??obtained show that there is an increase in science learning activities in each cycle using the experimental method .

Keywords: increased activity of learning, science, experimental methods


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats