PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDN 03 SIMPANG DUA KETAPANG

Yuyun Yopita, Rosnita ., Kaswari .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan keterampilan berbicara peserta didik kelas V SDN 03 Simpang Dua Ketapang dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa observasi langsung kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru maupun peserta didik dan praktik berbicara dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan analisis dan pengolahan data diperoleh hasil nilai rata-rata tes awal (base line) adalah 17,5, nilai rata-rata keterampilan berbicara pada siklus I adalah 33,85 dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 56,87. Nilai yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara peserta didik pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan media gambar. Hal ini berarti bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Kata kunci: Peningkatan, keterampilan berbicara, media gambar.

Abstract: This study aims to gain an idea of ??the increase speaking skills fifth grade students of SDN 03 Simpang Dua Ketapang using media images. The method used is descriptive. Data collection techniques using instruments such as direct observation of learning activities undertaken by teachers and students and practice speaking with the media using the image. Based on the analysis and processing of data obtained by the results of the average value of the initial test (base line) was 17.5, the average value of speaking skills in the first cycle was 33.85 and the average value was 56.87 on the second cycle. Values ??obtained show that there is an increase in learners' speaking skills in the first cycle and second cycle using the media image. This means that the use of media images can improve the speaking skills of learners in learning Indonesian.

Keywords: Improved, speaking skills, media images.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats