PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA MELALUI KEGIATAN BERNYANYIPADA ANAK 5-6 TAHUN
Abstract
This research is motivated children low language skills as the child is not yet clear to speak with correct pronunciation and sounds, children may not be able to formulate a good word to reveal the contents of the song about favorite foods,children may not be able to answer more questions about the food kesukaan.Bentuk this study is action research. The method used in this research is descriptive method. Subjects were 1 teacher and 15 anak.Berdasarkan results of the research data showed that: 1) Planning learning in enhancing the development of the ability to speak the Indonesian language through beryanyi.2) Implementation of learning in improving the ability to speak the Indonesian language through singing.3) Increased ability to speak the Indonesian through bernyanyi.Hasil research can be concluded that learning in enhancing the development of speech through singing activities can be categorized baik.Tujuannya implemented to carry out learning,especially in improving the speech of children aged 5-6 years with the implementation of beryanyi activities, teachers can design approach should be useful in motivating children to learn in order to speak the child 's ability to thrive as it should .
Keywords:Speech,SingingEvents
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berbahasa anak rendah seperti anak belum jelas untuk berbicara dengan lafal dan bunyi yang benar, anak belum dapat menyusun kata yang baik dalam mengungkapkan isi lagu tentang makanan kesukaan, anak belum dapat menjawab ptanyaan lebih lengkap tentang makanan kesukaan.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 orang anak.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan pengembangan kemampuan berbicara menggunakan bahasaIndonesia melalui kegiatan beryanyi. 2) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan bahasa Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.3) Peningkatan kemampuan berbicara menggunakan bahasa Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dalammeningkatkan pengembangan kemampuan berbicara melalui kegiatan bernyanyi dapat dikategorikan terlaksana dengan baik.Tujuannya untuk melaksanakan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun dengan penerapan kegiatan beryanyi, hendaknya guru dapat merancang pendekatan yang berguna dalam memotivasi anak dalam belajar agar kemampuan berbicara anak dapat berkembang sebagaimana mestinya.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Kegiatan Bernyanyi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .