PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN DISKUSI KELOMPOK KELAS V

Sri Darmawati, Rosnita ., Rustiyarso .

Abstract


Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Diskusi Kelompok Kelas V bertujuan untuk perbaikan pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi kelompok di kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sembatu Kabupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian deskriftif yang digunakan adalah penelitian survey. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rerata aktivitas Pra-Tindakan adalah 33,4 dan rerata setelah siklus III adalah 71,4. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan metode diskusi kelompok pada siswa kelas V SDN 12 Sembatu.

Abstract : Speaking at the Learning Skills Improvement Indonesian with Class V Group Discussion SDN 12 Sembatu aims to improve the learning of Indonesian in improving speaking skills by using group discussion in class V 12 Sembatu Elementary School, Landak Regency. The method used in this research is descriptive method. The form used is descriptive research survey research. This research was classroom action research. The mean pre-action activities was 33.4 and the mean after the third cycle was 71.4. So we can conclude there is a growing skills in learning to speak Indonesian with the method of group discussion in class V SDN 12 Sembatu.

Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Penelitian Tindakan Kelas, pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Journal of Equatorial Education and Learning

indexed by:

          

              


Journal of Equatorial Education and Learning  published by

[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed  under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons