PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Assarani F34212011, Kartono ., Siti Halidjah

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri dikelas II SDN 02 Ngabang, Kab. Landak. Dalam penelitian tindakan kelas metode yang biasanya dipergunakan adalah metode Deskriftif. Metode deskriftif ini merupakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subyek/obyek pnelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Bentuk penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa. berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada setiap siklus diperoleh perubahan positif terhadap nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 8 anak (29,62%). Sedangkan persentase ketuntasan belajar sebesar 70,37% dengan nilai rata-rata 68,14. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar 100% dari 27 siswa dengan nilai rata-rata 76,67. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri memberikan dampak yang cukup positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran IPA.

Kata kunci: Penggunaan metode inkuiri, Pembelajaran IPA dan Hasil Belajar

Abstraction: this research aim to to know how big mean result of learning student by using II SDN class inkuiri method 02 Ngabang, Kab. Porcupine. In research of method class action which is usually utilized by is Deskriftif method. this Method Deskriftif represent trouble-shooting procedure investigated by depicting situation of subyek / pnelitian obyek at the time of now pursuant to visible fact or as it is. Form used by research at this research is research of class action. this Research Sampel is 27 student. pursuant to result of obtained data analysis in each cycle obtained by positive change to average value and complete percentage of result learn student at I student cycle which is not complete learn counted 8 child (29,62%). While complete percentage learn equal to 70,37% with average value 68,14. At complete II student cycle learn 100% from 27 student with average value 76,67. This matter indicate that usage of inkuiri method give impact which positive enough in improving result learn II class student at study of IPA

Keyword: Usage [of] Method inkuiri, Study [of] IPA and Result Learn


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats