PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri dikelas II SDN 02 Ngabang, Kab. Landak. Dalam penelitian tindakan kelas metode yang biasanya dipergunakan adalah metode Deskriftif. Metode deskriftif ini merupakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subyek/obyek pnelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Bentuk penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa. berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada setiap siklus diperoleh perubahan positif terhadap nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 8 anak (29,62%). Sedangkan persentase ketuntasan belajar sebesar 70,37% dengan nilai rata-rata 68,14. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar 100% dari 27 siswa dengan nilai rata-rata 76,67. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri memberikan dampak yang cukup positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran IPA.
Kata kunci: Penggunaan metode inkuiri, Pembelajaran IPA dan Hasil Belajar
Abstraction: this research aim to to know how big mean result of learning student by using II SDN class inkuiri method 02 Ngabang, Kab. Porcupine. In research of method class action which is usually utilized by is Deskriftif method. this Method Deskriftif represent trouble-shooting procedure investigated by depicting situation of subyek / pnelitian obyek at the time of now pursuant to visible fact or as it is. Form used by research at this research is research of class action. this Research Sampel is 27 student. pursuant to result of obtained data analysis in each cycle obtained by positive change to average value and complete percentage of result learn student at I student cycle which is not complete learn counted 8 child (29,62%). While complete percentage learn equal to 70,37% with average value 68,14. At complete II student cycle learn 100% from 27 student with average value 76,67. This matter indicate that usage of inkuiri method give impact which positive enough in improving result learn II class student at study of IPA
Keyword: Usage [of] Method inkuiri, Study [of] IPA and Result Learn
DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .