PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran serta peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemecahan masalah (Problem Solving) di kelas V SDN 38 Seluang Danau. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 66,67% dengan nilai rata-rata 5,17. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai 66,67% dengan nilai rata-rata 6,11. Pada siklus III tingkat keberhasilan dicapai 100% dengan nilai rata-rata 7,55. Dengan demikian pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam materi pembentukan tanah melalui metode Pemecahan masalah (Problem Solving) juga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 38 Seluang Danau kecamatan Ngabang Kabupaten Landak perlu diterapkan sebagai suatu pembelajaran yang baik, yang dapat mengaktifkan aktivitas serta mengoptimalkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci :metode pemecahan masalah, ilmu pengetahuan alam dan hasil belajar
Abstract:Thisstudyaims to determinehow muchthe teacher's ability to designandimplementlearning andimprovementactivitiesand student learning outcomesusingproblem-solving methods Thefifth gradeElementarySchool38SeluangDanau. The researchmethodusedisdescriptivequalitative. Thestudysamplewas18students. Based on the analysisof dataobtained bythe first cyclesuccess ratereached66.67% withan averagevalue of5.17. In the second cyclesuccess ratereached66.67% withan average ratingof 6.11. In thethird cycleachieveda success rateof 100% withan average ratingof 7.55. Thus, learningof Natural Sciencesatthe landformationmaterialthroughtroubleshootingmethod canalsoincrease the activityandlearning outcomesfifth gradeelementary school38 Seluang Danaustudents Landak regency need to be appliedasagood learning, whichcanactivatethe activityandoptimizestudent learning outcomes.
Keywords : problem-solving methods, student learning outcomes
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats