PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II
Abstract
Abstrak :Penggunaan Metode Kerja Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 32 Sebetuk Kecamatan Ngabang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IISekolah Dasar Negeri 32 Sebetuk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desriptif.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hasil belajar siswa pada siklus I yakni 60,00 ( 41,67% ), dilanjutkan pada siklus II menjadi 65,00 ( 50% ), kemudian padasiklus III menjadi 86,67(100% ), artinya bahwa dengan penggunaan metode kerja kelompok pada pembelajaran matematika tentang bangun datar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IISekolah Dasar Negeri 32 Sebetuk yang semakin meningkat.
Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar.
Abstract:Method ofGroup WorkinMathematics LearningToImproveStudent ResultsClass IIElementary SchoolDistrict ofNgabangSebetuk32. The purposeof this studywas to describethe use ofgroup workmethodsin mathematics learningtoimprove learning outcomesof studentsmathclass IIElementary School32Sebetuk. The method usedin this studyis themethoddesriptif. Based onthe results ofthe studyconcludedstudent learning outcomes inthefirst cycle of60.00(41.67%), followedin the second cyclebecomes65.00(50%), thenon the third cycleinto86.67(100%), meaningthatthethe use ofgroup workmethodsinmathematicslearningona flatwakecanaffectstudent learning outcomesElementary Schoolsecond grade32Sebetukincreasing.
Keywords:Group WorkMethods, Mathematics Learning, Learning Outcomes.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats