PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Lorensiyus F34212015, Siti Halidjah, Kartono .

Abstract


Abstrak : Latar belakang penelitian ini adalah masalah hasil belajar siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran penggunaan media berbasis visual dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Sejagan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan pencermatan dokumen berupa hasil belajar. Alat yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes . Penelitian dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I IPKG 1 sebesar 3,78 IPKG 2 sebesar 3,93, kemudian pada siklus II IPKG1 sebesar 4 dan IPKG2 sebesar 3,98. Sedangkan Pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata 74,29, siswa yang tuntas 57,14% dan yang tidak tuntas 42,86%. Pada siklus II hasil belajar siswa rata-rata 88,58, siswa yang tuntas 100% dan yang tidak tuntas 0% . Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media berbasis visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN 0 Sejagan.

Kata Kunci: Media Berbasis Visual, Hasil Belajar, dan PKn.

Abstract : this Background Research is the problem of result learn process moment student learn to teach to take place. Its target is to get picture usage of media base on visual in study of education of civic to increase result of learning IV SDN class student 07 Sejagan. used by Method Research is deskriftif method and its research form is research of class action. Data collecting use observation technique, and is careful of document in the form of result learn. used by appliance is observation sheet and tes problem . Research done/conducted] in two cycle, at I IPKG cycle 1 equal to 3,78 IPKG 2 equal to 3,93, later;then at II IPKG1 cycle equal to 4 and IPKG2 equal to 3,98. While At I cycle result of learning mean student 74,29, complete student 57,14% and which is not complete 42,86%. At II cycle result of learning mean student 88,58, complete student 100% and which is not complete 0% .

This matter of menunjukan that usage of media base on visual can improve result learn student in study of PKn IV SDN class 07 Sejagan

Keywords: Media Base On Visually, Result Learn, and PKn.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats