PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan menulis puisi bebas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di kelas V SDN 15 Kusam. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. sampel penelitian ini adalah 21 siswa. berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, rata-rata nilai kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,27 dan pada siklus II sebesar 3,63. rata-rata nilai kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,16 dan pada siklus II sebesar 3,43. rata-rata kemampuan siswa menulis puisi bebas pada siklus I sebesar 67,61 dan pada siklus II 76,42. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar memberikan dampak yang cukup positif dalam peningkatan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V.
Kata Kunci: menulis puisi bebas, lingkungan sebagai sumber belajar
Abstractedly: This research intent to know on a par ability write free poem by utilizes environmentally as source of studying at brazes v SDN 15 hazy. observational method that is utilized is descriptive method with actions observational design braze. this observational sample is 21 students. base acquired analisis result, averagely assesses teacher ability plot learning on i. cycle as big as 3,27 and on cycle II. as big as 3,63. averagely assesses teacher ability perform learning on i. cycle as big as 3,16 and on cycle II. as big as 3,43. averagely student ability write free poem on i. cycle as big as 67,61 and on cycle II. 76,42. It points out that environmental harnessed influence as source of studying gives impact that adequately positive deep increasing ability writes student free poem braze V.
Key word : writing free poem, environmentally as source of studying
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats