PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW DI SEKOLAH DASAR

Siskalia F34212017, Kartono ., Siti Halidjah

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan metode SQ3R pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 10 Ngabang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research) dan metode yang digunakan adalah metode SQ3R. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Ngabang dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan hasil siklus I kemampuan siswa membaca pemahaman menggunakan SQ3R adalah Skor rata-rata 56,76. Kemudian peningkatan hasil penelitian terlihat pada siklus II yaitu kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan metode SQ3R Rata-rata 76,18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan metode SQ3R pada pembelajaran bahasa Indonesia terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Maka dari itu, diharapkan metode SQ3R dapat senantiasa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia maupun pada mata pelajaran lainnya.

Kata Kunci: Peningkatan, Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode SQ3R

Abstract: The purposeof thisresearchisto increase thestudents'ability of reading comprehension using SQ3R in the Indonesian language learning classroom SDN 10 Ngabang. The shapeof the research is Classroom Action Research (Classroom Action research) and the method usedis the method SQ3R. Subjects were fifth grade students of Elementary School 10 Ngabang the number of students 34. This research was conducted for 2 cycles with the results of the first cycle of the student's ability to use SQ3R reading comprehension score saverage is 56.76. Thenan in crease in the resear chlook satthe second cycleis the ability of students' reading comprehension using SQ3R method Average 76.18. Based on these results, the application of SQ3R method in learning Indonesian proven to improve students' reading comprehensionability. There fore, it is expected SQ3R method can always be applied in learning Indonesian as well as another subjects.

Keywords:Improvement, Reading Comprehension Ability, SQ3R Method


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats