PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 09 Tampi Bide menggunakan media audio.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif. Bentuknya penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan rekan sejawat sebagai observer. Teknik pengumpul data dilakukan dengan cara observasi langsung dan pencermatan dokumentasi, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan foto. Mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audio. Memberi informasi yang akurat mengenai peningkatan kemampuan mendengar dan ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan media audio pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Tampi Bide.Berdasarkan rata-ratakemampuan menyimak terhadap siswa pada siklus I, siswa memperoleh skor rata-rata 50, kemudian pada siklus II skor rata-rata kelas meningkat menjadi 87,5, hal ini menunjukan terdapat peningkatan kemampuan menyimak pada siswa kelas V pada materi Menanggapi peristiwa yang terjadi di sekitar secara lisan.
Kata Kunci: Media Audio, Peningkatan kemampuan Menyimak.
Abstract: This Research aim to to know the make-up of ability correct reading at V class student in Elementary School Country 09 Tampi Bide use audio media. used by Research method is deskriftif method. Its for research of class action having the character of kolaboratif with colleague as observer. Compiler data technique done/conducted by careful and direct observation of documentation, while data collector in the form of teacher observation sheet, student observation sheet, and photo. Planning Mendeskripsikan and study execution use audio media. Giving accurate information regarding hit the make-up of ability hear and complete learn student by using audio media at V Elementary School Country class student 09 Tampi Bide. Pursuant to ability mean correct reading to student at I cycle, student obtain;get mean score 50, later;then at II class mean score cycle mount to become 87,5, this matter of menunjukan there are make-up of ability correct reading at V class student at items Answer to event that happened around verbally.
Keywords: Media Audio, Make-Up of ability Correct reading.
DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .