PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS DI KELAS I SDN 09 TAMPI BIDE

Samsiah F34211611, Hery Kresnadi, K.Y Margiyati

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas Idi Sekolah Dasar Negeri 09 Tampi Bide menggunakan metode SAS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sifatnya, bersifat kolaborasi.Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode SAS pada Siswa Kelas I SDN 09 Tampi, adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas I semester II SDN 09 Tampi Bide tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 siswa dimana terdapat 5 laki-laki dan 4 perempuan.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini pada siklus I berdasarkan pengamatan belajar siswa 87,6 % dan pada siklus II 97,5 %. Pada siklus I tahap perencanaan I 3,26 pada siklus II 3,64. Pada siklus I tahap pelaksanaan II 3,4 pada siklus II pelaksanaan II 3,67artinya ada terjadi peningkatan Hasil Belajar pada siswa untuk menyelesaikan aspek membaca permulaan pada siswa kelas I semester II SDN 09 Tampi Bide Kecamatan Sengah Temila tahun pelajaran 2013 /2014.

Kata Kunci:membaca permulaan, metode stuktural analitik sintetik.

Abstract:This research intent to know ability step-up reads on I. class student at Country Elementary School 09 Tampi Bide utilizes to methodic SAS. Metode is research that is utilized is descriptive method. Observational observational action brazes. Its character, get collaboration character. Learned Yielding step-up Indonesian Utilizes To Methodic SAS on I. class Student SDN 09 Tampi, there is even that as subjek research is I. class student semester II SDN 09 Tampi Bide school years 2013 / 2014 ones consisting of 9 student where exists 5 males and 4 females. Acquired result in this research on I. cycle bases student studying watch 87,6 % and on cycle II 97,5 %. On phases I. cycle I. planning 3,26 on cycle II. 3,64. On phases I. cycle performing II. 3,4 on cycle II. performing II. 3,67. its mean available Yielding increasing happening Learned on student to solve aspect reads startup on I. class student semester II. SDN 09 Tampi Bide sengahTemila's districts school years 2013 / 2014.

Key word: reading startup, stuktural's method analytic synthetic.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats