PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Abet Nego, Siti Halidjah, Kartono .

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran dengan metode kerja kelompok kelas IV SDN 26 Entobo. Metode penelitian yang digunakan adalah kerja kelompok . Penggunaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ternyata dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik kelas IV SDN 26Entobo. Hal ini dapat dilihat pada lembar observasi rata-rata peserta didik untuk hasil belajar kerja kelompok , pada siklus I diperoleh 58.75 siklus II diperoleh 61.25 dan siklus III diperoleh 67.05. Selanjutnya untuk hasil belajar individu pada siklus I diperoleh 58.75, siklus II diperoleh 61.25, dan siklus III diperoleh 67.05. Dengan demikian penelitian dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.

Kata Kunci: Hasil belajar,metode kerja kelompok.

Abstract: To the effect of observational it is subject to be know result step-up studies learning student with working group method brazes IV. SDN 26 Entobo. Observational method that is utilized is working group. Purpose methodics working group in Social Science learning apparently gets to increase participant Studying Result teaches to braze IV. SDN 26Entobo. It can be seen on observation sheet average educative participant for yielding learned working group, on i. cycle to be gotten 58.75 cycles II. acquired 61.25 and III. cycles to be gotten 67.05. Hereafter to usufruct individual studying on i. cycle to be gotten 58.75, cycle II. acquired 61.25, and III. cycle to be gotten 67.05. Observational thus by use of working group method can increase student studying result brazes IV. on technological formative material production, communication, and transportation.

Key word: Learned result, working group method.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats