PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 43 TAPIS TEMBAWANG

Leni Maria, Hery Kresnadi, K.Y Margiyati

Abstract


Abstrak: Keluhan tentang rendahnya hasil belajar siswa di kelas V menjadi masalah di dalam proses kegiatan belajar. Namun, dalam hal ini yang menjadi faktor utama adalah kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejelasan sejauh mana penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA dan untuk mengetahui kemampauan guru dalam merancang pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen serta untuk mengetahui kemampuan guru pada saat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Metode Eksperimen dan Hasil Belajar

Abstract: Complaint about its low usufructs student studying at brazes v as problem in processes studying activity. But, in this case that as prime factor is its reducing creativity learn in utilize learning method. This research intent to know sharpness in as much as which purpose methodics experiment can increase student studying result in tutorial IPA and to know teacher ability in design learning by use of experiment method and to know teacher ability upon perform learning by use of experiment method. This research utilize deskriftif kualitatif's method with actions observational design braze. Subjek is research is learn and student. Base observational result to be concluded that purpose methodics experiment can increase student studying result.

Keywords: Experiment method and Studying Result


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats