PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan gambaran penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas III SDN 28 Atong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif. Bentuknya penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan rekan sejawat sebagai observer. Teknik pengumpul data dilakukan dengan cara observasi langsung dan pencermatan dokumentasi, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Kemampuan guru merancang pembelajaran pada siklus I sebesar 3,08 meningkat menjadi 3,85 pada siklus II, sedangkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,12 dan menjadi 3,82 pada siklus II. Aspek-aspek aktivitas yang diamati berupa mengamati, bertanya, menjawab, mengumpulkan data dan menyimpulkan data. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 58%,pada siklus II meningkat menjadi 88%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan menjadi 100% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III SDN 28 Atong.
Kata Kunci: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Demonstrasi, Aktivitas siswa
Abstraction: This research aim to get picture usage of method demonstrate to make-up of activity learn educative participant in study of IPA III SDN class 28 Atong. used by Method Research is deskriftif method. Its for research of class action having the character of kolaboratif with colleague as observer. Compiler date technique conducted by careful and direct observation of documentation, while date collector in the form of teacher observation sheet, student observation sheet, and test. This research is conducted in two teacher siklus. Ability design study at one cycle equal to 3,08 mounting to become 3,85 at two cycle, while ability of teacher execute study at one cycle equal to 3,12 and become 3,82 at two cycle. Aspect Activity perceived in the form of perceiving, enquiring, replying, collecting date and conclude date. At one activity mean cycle learn student 58%, at two cycle mount to become 88%. Result learn student at one cycle equal to 60% and become 100% at two cycle. This Matter of showing that usage of demonstration method can improve result and activity learn student in study of IPA III SDN class 28 Atong
Keyword: Study of Natural Sciences, Method Demonstration, Activity Student
DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .