PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV

Telaha Sulastri, Suhardi Marli, Syamsiati .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 21 Pontianak Timur sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dan sifat penelitian yaitu bersifat kolaboratif.

Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah optimal karena sudah menunjukkan nilai sangat baik, skor total adalah 23 dengan skor rata-rata adalah 3,83%. Keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar sudah terlaksana dengan baik dengan rata-rata 3,90%. Penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi instrinsik belajar peserta didik kelas IV SDN 21 Pontianak Timur. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata persentase siklus 1 dari 42,03% meningkat menjadi 88,04%. Penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS ternyata dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar peserta didik kelas IV SDN 21 Pontianak Timur. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata persentase siklus 1 dari 21,74% (di stimulus) menjadi 9,42% (tanpa di stimulus) pada siklus 2. Jadi penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kenaikan motivasi ekstrinsik dikategorikan meningkat, karena peserta didik memiliki dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu dengan keinginan yang tinggi maka tanpa distimulus atau disuruh oleh guru peserta didik telah mau untuk mengikuti pembelajaran dengan bersemangat.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Penggunaan Media Gambar, dan Pembelajaran IPS

Abstract : The purpose of this research is to descibe how the pictures that used for learning IPS at the fourth class in SDN 21 Pontianak Timur can increase the Learn Motivation of the Students. The research method that used is descriptive methode, the kind of research is the Classroom Action Research and the character of the research is collaboration.

This research is doing by two circulations and at the result we can see that the plan of learning by the teacher just optimum because the score looked very good. The total score is 23 and mean score is 3,83%. The skilled of teacher for learning by used the picture has done very good as the mean score is 3,90%. Used the pictures for learning IPS can increase the intrinsic learn motivation of the students at the fourth class in SDN 21 Pontianak Timur. It showed by the mean percentage of first circulation from 42,03% to 88,04%. Used the pictures for learning IPS, as the fact, can increase the extrinsic learn motivation for the students at the fourth class of SDN 21 Pontianak Timur. We can see that the mean percentage of first circulation from 21,74% (stimulated) to 9,42% (un stimulated) at the second circulation. So the writter can conclude that the incrase of extrinsict motivation is in hight category, because the students have the strong motivation to do some thing. With out stimulated by the teacher, the students learning with the joyful.

Key Words : Learning Motivation, Used the Pictures, and Learning IPS


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats