UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN DENGAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT

Rohmad F 34210328, Ahmad Yani, Nanang Heryana

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran materi pecahan dikarenakan kemampuan siswa yang berbeda-beda, kurangnya latihan dan penguasaan, kurangnya guru mengkondisikan kelas sehingga siswa tidak memahami apa yang diperintahkan, kurangnya kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, kurangnya bimbingan terhadap siswa, kurangnya minat siswa dalam pelajaran matematika, karena siswa menganggap matematika itu pelajaran yang menakutkan , sarana dan prasarana atau media yang digunakan tidak menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut diyakini dengan menggunakan media berupa alat peraga benda konkrit pada pembelajaran matematika dapat lebih merangsang minat dan motivasi siswa dalam materi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif, penelitian bersifat kolaboratif, adapun bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian yaitu teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 23 Senibung Laut Kabupaten Melawi. Siswanya berjumlah 13 orang, yang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil yaitu bulan September 2013. Berdasarkan uraian hasil tiap siklus penggunaan media alat peraga benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan , yang dapata dilihat pada perolehan hasil rata-rata dari observasi awal sampai siklus II. Berdasarkan uraian diatas, secara umum penggunaan media alat peraga benda konkrit yang digunakan sudah berhasil meningkatkan hasil belajar pada siswa kels III Sekolah Dasar Negeri 23 Senibung Laut. Dengan demikian alat peraga benda konkrit ini cocok untuk diterapkan pada saat proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Peningkatan, Pembelajaran materi pecahan, Alat Peraga Benda Kongkrit

Abstract : This research is motivated by , there are still problems that occurred during the study due to the ability of the material fractions of different students , lack of exercise and control , lack of conditioning the classroom teachers so that students did not understand what was ordered , the lack of ability in designing and implementing teacher learning , lack of guidance to the students , a lack of student interest in math , as students consider mathematics lessons scary , facilities and infrastructure or media used does not support the achievement of learning objectives . To overcome this gap is believed to be using the media props concrete objects in the learning of mathematics can further stimulate students' interest and motivation in the material fractions . The method used in this research is descriptive method , collaborative research , while research is a form of action research . Mechanical engineering research that is of direct observation and measurement techniques . The subjects in this study were teachers and students of class III Elementary School District 23 Senibung Melawi Sea . Students numbering 13 people , consisting of 8 boys and 5 girls . The experiment was conducted in the first semester of the month of September 2013 . Based on the description of the results of each cycle of use of media props concrete objects can improve student learning outcomes in the material fractions , which dapata seen in the average revenues resulted from initial observations to the second cycle . Based on the description above , in general the use of media props used concrete objects have been successful in improving student learning outcomes Kels III Elementary School 23 Senibung Sea . Thus props concrete objects is suitable to be applied during the process of learning mathematics to improve student learning outcomes

Keywords : Improvement , Learning material fractions , concrete objects Viewer Tool


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats