PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar rata rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok dan tanpa meggunakan metode kerja kelompok di kelas IV SDN 31 Gedah. Metode yang digunakan adalah Metode Kerja Kelompok. Sampel penelitian ini adalah 8 siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, rata rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60, siklus II sebesar 66,87 dan siklus III sebesar 71,88. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok memberikan dampak yang cukup positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materiperkembangan teknologi produksi, perkembangan teknologi komunikasi dan perkembangan teknologi transportasi.
Kata kunci: Metode Kerja Kelompok dan Hasil Belajar
Abstract: This research intent to know how big rolled out rolled out student studying result by use of working group method and without utilize methodics working group at brazes IV SDN 31 Gedah. Method that is utilized is working group Method. This observational sample is 8 students. Base analisis's acquired date, rolled out rolled out student studying result on i. cycle as big as 60, cycle II. as big as 66,87 and III. cycles as big as 71,88. It points out that purpose methodics working group give impact that adequately positive deep increase student studying result brazes IV. on technological formative material production, communications technology developing and transportation technology developing.
Keyword: Working group method and Studying Result
DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .