PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS
Abstract
Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan teknik hubungan. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. . Pengujian Hipotesis penelitian pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana sedangkan hipotesis penelitian ketiga menggunakan analisis regresi berganda. Dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode pemberian tugas (X1) terhadap hasil belajar akuntansi (Y) dengan persamaan regresi = 50,8 + 0,364 X1 yang ditunjukkan dengan nilai R2x1y = 0,3158 dimana F hitung sebesar 44,32 > F tabel 3,92 (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap Hasil Belajar akuntansi dengan persamaan regresi = 50,7 + 0,372 X2 yang ditunjukkan nilai R2x2y = 0,3430 dimana F hitung 50,12 > F tabel 3,92 (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Metode Pemberian tugas dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar akuntansi dengan persamaan regresi = 41,5 + 0,236 X1 + 0,261 X2 yang ditunjukkan dengan nilai R2x1,2 = 0,4453 , dimana diperoleh Fhitung 38,14> F tabel 3,07
Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Akuntansi.
Abstract: This research is a descriptive study using the technique of the relationship. Data collection is done through school documents. Data analysis techniques, namely: Test Assumptions and Hypothesis Testing Classical studies using multiple regression analysis.Using α = 0,05 it can beconcluded that: (1) There is a significant relationship between the method of assignment (X1) on learning outcomes (Y) with the equation regression = 50,8 + 0,364 X1 ; 2) shown by R2x1 y = 0,3158 in which F 4,.32 > table F 3,92 3). There is a significant relationship between the method of administering tasks and motivation on learning outcomes of accounting students majoring in social studies class XI at Madrasah Aliyah 2 Pontianak school year with the regression equation = 41,5 + 0,236 X1 + 0,261 X2 shown by the value R2 x1,2 = 0,4453. which F calculation 38.14 > F table which is 3 ,07
Keywords: Method of Providing Duty, Motivation in Learning, and Learning Outcomes.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .