PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS

Azwarti (F10211021), Nuraini Asriati, Supriadi .

Abstract


Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan teknik hubungan. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional  random sampling. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. .  Pengujian Hipotesis penelitian pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana sedangkan hipotesis penelitian ketiga menggunakan analisis regresi berganda. Dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  metode pemberian tugas (X1) terhadap hasil belajar akuntansi (Y) dengan persamaan regresi  = 50,8 + 0,364 X1 yang ditunjukkan dengan nilai  R2x1y = 0,3158 dimana F hitung sebesar 44,32 > F tabel  3,92 (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap Hasil Belajar akuntansi dengan persamaan regresi  = 50,7 + 0,372 X2 yang ditunjukkan nilai R2x2y = 0,3430 dimana F hitung 50,12 > F tabel 3,92  (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Metode Pemberian tugas dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar akuntansi dengan persamaan regresi  = 41,5 + 0,236 X1 + 0,261 X2 yang ditunjukkan dengan nilai R2x1,2 = 0,4453 , dimana diperoleh Fhitung 38,14> F tabel 3,07

 

Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Akuntansi.

 

Abstract: This research is a descriptive study using the technique of the relationship. Data collection is done through school documents. Data analysis techniques, namely: Test Assumptions and Hypothesis Testing Classical studies using multiple regression analysis.Using α = 0,05 it can beconcluded that: (1) There is a significant relationship between the method of assignment (X1) on learning outcomes (Y) with the equation regression  = 50,8 + 0,364 X1 ; 2) shown by R2x1 y = 0,3158 in which  F 4,.32  > table F 3,92 3). There is a significant relationship between the method of administering tasks and motivation on learning outcomes of accounting students majoring in social studies class XI at Madrasah Aliyah 2 Pontianak school year with the regression equation  = 41,5 + 0,236 X1 + 0,261 X2 shown by the value R2 x1,2 = 0,4453. which F calculation 38.14 > F table which is 3 ,07

 

Keywords: Method of Providing Duty, Motivation in Learning, and Learning Outcomes.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i5.5476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats