PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran menggunakan metode kerja kelompok di kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje tanggal 23 september 2013 didapati rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika hal ini di karenakan guru kurang maksimal menggunakan metode belajar sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik dalam belajar dan memahami konsep materi yang di ajarkan. Bertitik tolak dari itu maka di pandang perlu untuk dilakukan perbaikan yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan memaksimalkan dan menentukan strategi belajar dengan optimalisasi penggunaan metode kelompok.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas, maka yang menjadi rumusan masalah umum Apakah Penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje Bengkayang ? yang kemudian diurai menjadi masalah khusus : a) Bagaimana perencanaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran matematika pada materi pengukuran waktu di kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje Bengkayang? b) Bagaimana pelaksanaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran matematika pada materi pengukuran waktu di kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje Bengkayang? c) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje Bengkayang pada materi pengukuran waktu dengan menggunakan metode kerja kelompok ?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode kerja kelompok dalam meningkatkan hasil Belajar Pengukuran Waktu pada pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje .Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian berjumlah 15 orang .
Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian siklus I nilai dari IPKG I dengan nilai 3,38 dan nilai IPKG II 3,26 sedangkan hasil belajar siswa II Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje Bengkayang yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 9 orang peserta didik dengan persentase 60% dan 6 orang peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan minimal dengan persentase 40%.
Sedangkan hasil penelitian pada siklus II diketahui bahwa nilai IPKG I dengan nilai 3,83 dan IPKG II dengan nilai 3,88 sedangkan pada hasil belajar siswa perolehan 15 orang yang berhasil mencapai ketuntasan minimal dengan persentase 100%.
Kata Kunci : Metode Kerja Kelompok ,Meningkatkan Hasil Belajar.
Abstract: Based on the results of early studies conducted on learning activities using group work in class II Elementary School 14 Puaje dated 23 September 2013 found low student learning outcomes in Mathematics teacher in because it is less than the maximum use of learning methods so that students feel bored and not interested in learning and understanding the concepts taught material . Based on the view that it is in need of repairs carried out aimed at improving student learning outcomes is to maximize learning and determining strategies to optimize the use of the group method .
Based on the background of the problems mentioned above , it is becoming a common problem formulation is the Use of group work methods to improve student learning outcomes math class II Elementary School 14 Puaje Bengkayang ? which is then broken down into specific issues : a ) How does the planning group work method in teaching mathematics at the time of measurement of material in class II Elementary School 14 Puaje Bengkayang ? b ) How does the implementation of the method of group work in mathematics at the time of measurement of material in class II Elementary School 14 Puaje Bengkayang ? c ) How does an increase in student learning outcomes math class II Elementary School 14 Puaje Bengkayang the material time measurement using the method of group work ?
The purpose of this study was to describe the use of group work methods to improve learning outcomes measurement time on the learning of mathematics in class II Elementary School 14 Puaje . Research uses descriptive method with this type of research is Classroom Action Research with research subjects totaling 15 people .
Based on the analysis of data from the first cycle of research results IPKG value of I with values ??of 3.38 and 3.26 while the value IPKG II study results of the second public elementary school students 14 Puaje Bengkayang who have not reached mastery learning as much as 9 percentage of students with 60 % and 6 people are successful learners achieve mastery of at least the percentage of 40 % .
The research of the second cycle is known that the value IPKG I with 3.83 and 3.88 IPKG II with value on student learning outcomes while acquiring 15 people who successfully achieve mastery of at least the percentage of 100 % .
Keywords : Method of Working Group , Improving Learning Outcomes .
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats