PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Momong, didapati kesulitan memahami gambar bagian- bagian mata. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum dilaksanakan dengan tepat. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan pembelajaran mengantara lain, dicatatkan langsung oleh guru. Siswa ditugaskan menjawab soal yang terdapat dalam buku paket. Siswa tidak diberi kesempatan untuk kerja kelompok dan mengenal bagian bagian mata Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan merancang prosedur tindakan. Refleksi dilakukan pada setiap siklus. Evaluasi pembelajaran luas bangun datar melalui metode deskripsi setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 53,76 %. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai 78,82 %. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran bagian bagian mata melalui media gambar atau foto dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Momong Sanggau ledo. Media ini perlu diterapkan sebagai suatu pembelajaran yang baik.
Kata Kunci : Penggunaan, media gambar, hasil belajar.
Abstract: From the results of preliminary observations made in the mathematics learning activities in class IV Elementary School 04 Momong , found difficulty understanding the parts of the eye . This is due to the method used by the teacher learning has not been implemented properly . This can be seen in the implementation of learning another mengantara , listed directly by the teacher . Students are assigned to answer the questions contained in textbooks . Students are not given the opportunity to work and knowing the group - part of the eye This study used a qualitative approach to the design of classroom action research . The design of the study include planning, action , observation and reflection . Planning stage procedure implemented by designing action . Reflection performed at each cycle . Evaluation of learning through a broad flat wake cycle description of each method has increased . In the first cycle success rate reached 53.76 % . In the second cycle success rate reached 78.82 % . This suggests that the learning part - the eye through the medium of drawing or photograph can improve student learning outcomes Elementary School fourth grade 04 Momong Sanggau ledo . The media needs to be implemented as a good learning .
Keywords : Usage , media images , learning outcomes .
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats