PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN METODE INQUIRY PELAJARAN IPA KELAS V SDN 09 SEI DANGIN
Abstract
Abstrak : Judul penelitian ini adalah Peningkatan Aktivitas Belajar Dengan Metode Inquiri Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Sei Dangin. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas fisik, mental, emosional serta kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Sei Dangin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Penelitian dilakuakn dengan dua siklus. Pada siklus I aktivitas fisik peserta didik sebesar 75%, aktivitas mental sebesar 55%, aktivitas emosional sebesar 70%. Pada siklus II aktivitas fisik meningkat menjadi 95%, aktivitas mental menjadi 80%, aktivitas emosional menjadi 95%. Sedangkan pada siklus I IPKG 2 sebesar 2,85, kemudian pada siklus II IPKG sebesar 3,95. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode inquiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Sei Dangin.
Kata Kunci: Metode Inquiri, Aktivitas , Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract: The title of this study is "Increased Activity Learning Lessons inquiri Methods Natural Science Elementary School Fifth Grade 09 Sei Dangin". This study aims to describe the increase in physical activity, mental, emotional as well as the ability of teachers to implement learning by using the inquiry method in teaching Natural Sciences Elementary School fifth grade 09 Sei Dangin. The method used is descriptive. Research is a form of action research. Collecting data using observation sheets and booklet. Research dilakuakn with two cycles. In the first cycle of physical activity of students by 75%, amounting to 55% of mental activity, emotional activity by 70%. In the second cycle of physical activity increased to 95%, to 80% of mental activity, emotional activity to 95%. While in the first cycle IPKG 2 of 2.85, then the second cycle IPKG of 3.95. This shows that the use of the inquiry method can improve the activity and learning outcomes of students in learning Natural Sciences Elementary School fifth grade 09 Sei Dangin.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats