PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE INQUIRY KELAS V DI SD
Abstract
Abstrak: penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peningkatan motivasi Intrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik dan kemampuan pendidik melaksankan Metode Inkuiri bagi Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri No 13,Noyan pembelajaran dengan menggunakan metode Inquiry pada pembelajaran Matematika kelas V SDN 13 Mabit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Motivasi pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode Inkuiri bagi peserta didik kelas V SDN 13 Mabit Noyan Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian yang meliputi Motivasi Intrinsik dan ekstrinsik melalui dua siklus sebagai berikut: Motivasi intrinsik siklus I diperoleh rata-rata sebesar 58%, dan ekstrinsik 60%. Dan pada siklus II motivasi intrinsik meningkat menjadi 94% dan motivasi ekstrinsik menjadi 90%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II untuk intrinsik sebesar 31 % dalam kriteria cukup baik. motivasi siklus II meningkat menjadi 30% . di kategorikan dengan kriteria baik.
Kata Kunci: Motivasi, Metode Inquiry, PembelajaraMatematika.
Abstract:The Objective ofresearch is to Increasing on Motivation Learning on Mathematics with Using Inquiry Method for Student Class V Elementary Schools Country No. 13 Mabit Noyan Sanggau.This Research were purpose describe increasing activity learning on mathematics with using inquiry method for student class V Elementary Schools Country No 13 Mabit Noyan Sanggau. Research method that were use are descriptive method. Based on data analisys there for produse research that Intrinsik and exstrinsik motivation cycle one produce average 58%, intrinsik motivation,60% ekstrinsik motivation. and than at cycle two Intrinsik motivation increased to 89%. Increase from cycle one to cycle two as big as one to cycle two as big as 90% in good criteria.
Keyword: Activity, Inquiry Method, Mathematichs.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats