PENINGKATAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA REALITA DI KELAS VI MIS ULIL ALBAB
Abstract
Abstrak: keluhan tentang rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ulil Albab bukan merupakan hal yang baru. Ada beberapa penyebab utama yaitu kurangnya aktivitas guru dan kemauan dari guru untuk mencoba menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas dan menggunakan metode diskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang paling dasar yang ditujukan untuk mengambarkan fenomena-fenomena yang ada baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia dengan kajian bentuk, aktivitas, karakteristik, perubahan, hubungan kesamaan, dan perbedaannya dengan fenomena lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas subjek penelitiannya adalah guru dan peserta didik, dan dilakukan dengan dua siklus berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media realita dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media realita, IPA.
Abstract: complaints about the lack of activities and learning outcomes of students in class VI Ibtidaiyah Private Madrasah Ulil Albab is not a new thing. There are several main causes of the lack of activity of the teacher and the willingness of teachers to try using instructional media. The purpose of this research is to improve the activity and learning outcomes of students. This study used a qualitative approach to the design of action research and using descriptive method is a form of primary research aimed to describe the phenomena that there is a good phenomenon that is natural or human engineering to study the shape, activity, characteristics, changes, relationships similarity, and the difference with other phenomena. This study used a qualitative approach to research design research is the subject of a class action of teachers and learners, and performed with two cycles based on the results of this study concluded that the reality of learning to use the media to improve the activity and learning outcomes of students.
Keywords : activities, learning outcomes, the media reality, IPA .
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.5066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats