PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas IV melalui penerapan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan 13 orang peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Benua Tengah. Hasil analisis data yang diperoleh melalui observasi dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran IPA bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Benua Tengah dengan peningkatan aktivitas fisik sebesar 23,08% dari 61,54% di siklus I menjadi 84,62% di siklus II dengan perolehan persentase di siklus II termasuk kategori Baik, aktivitas mental sebesar 25,63% dari 58,98% di siklus I menjadi 84,61% di siklus II dengan perolehan persentase di siklus II termasuk kategori Baik dan aktivitas emosional sebesar 25,65% dari 53,84% di siklus I menjadi 79,49% di siklus II dengan perolehan persentase di siklus II termasuk kategori Baik.
Kata Kunci: Belajar, Metode Eksperimen, IPA
Abstract : This research aims to describe the increasing of student learning activity in following the process of student at the fourth grade through applying of experiment method. The method of research uses descriptive with the device of classroom action research. The subjec of research is teachers and 13 students at the fourth grade of Sekolah Dasar Negeri 23 Benua Tengah. The result of data analysis is obtained through observastion in course of studying to show that the applying of experiment method can improve student learning activity at study of IPA for students at the fourth grade of Sekolah Dasar Negeri 23 Benua Tengah with the increasing of physical activity equal to 23,08% from 61,54% in cycle I become 84,62% in cycle II with the percentage acquirement in cycle II is inclusive of category good, spiritual activity equal to 25,63% from 58,98% in cycle I become 84,61% in cycle II with percentage acquirment in cycle II is inclusive of category good and emotional activity equal to 25,65% from 53,84% in cycle II is inclusive of category good.
Key Words : learning, experiment method, IPA
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.5000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats