PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak: Berdasarkan permasalahan yang terjadi selama ini di sekolah Dasar Negeri 05 Kendawangan mengalami permasalahan tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang materi menceritakan isi dongeng yang di baca di kelas III, Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media cerita bergambar pada materi menceritakan isi dongeng yang di baca. Penelitian ini menggunakan metode deskriftip dengan bentuk penelitian tindakan kelas, dan sifat penelitiannya kolaborasi dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas III. Data yang dikumpulkan adalah data yang berupa kemampuan guru menyusun rencana pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran serta hasil belajar siswa. Dengan menggunakan lembar observasi IPKG I dan IPKG II, serta lembar kerja siswa. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan perhitungan rata-rata kelas. Hasil penelitian diperoleh skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,18. dan skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,57. Serta peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 10,62.
Kata kunci: Media Cerita Bergambar, Bahasa Indonesia, dan Hasil Belajar.
Abstract : Based on the problems that occurred during the 05 public elementary schools Kendawangan experiencing problems on student learning outcomes in Indonesian learning about the content of the material tells tales read in class III , class action research aims to improve student learning outcomes through the use of media stories illustrated on the material content of a fairy tale that tells the read . This study uses deskriftip the form of action research , and the nature of the research collaboration using the procedure described action research : planning , implementation , observation , and reflection . The subjects were teachers as researchers and students in grade III . The data collected is the data in the form of the ability of teachers preparing lesson plans , and implementing learning and student learning outcomes . By using the observation sheet IPKG I and II , as well as student worksheets . Then analyzed using a percentage formula and the calculation of average grade . Research results obtained by the ability of teachers to plan learning in the first cycle to the second cycle increased by 0.18 . and score the ability of teachers to implement the learning in the first cycle to the second cycle increased by 0.57 . As well as improving student learning outcomes in the first cycle to the second cycle of 10.62.
Keywords: Media Stories Pictorial, Learning Indonesian,and Output Study
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats