PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PECAHAN SEDERHANA DENGAN METODE LEARNING COMMUNITY DI KELAS III

Tauran B, Suhardi Marli, Sri Utami

Abstract


Abstrak: Adapun jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pecahan sederhana dengan menggunakan metode learning community. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan menggunakan teknik observasi langsung, jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Indikator kinerja adalah aktivitas fisik, aktivitas mental, dan aktivitas emosional peserta didik.Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan prosedur pelaksanaan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan diakhiri dengan refleksi. Hasil dan pembahasan pada aktivitasfisik base line 30% menjadi 62,5% pada siklus I, selisihnya 32,5%. Siklus II 77,5%, selisih antara siklus I dan siklus II adalah 15%. Dengan rata-rata peningkatan dari base line hingga siklus II adalah sebesar 23,75%. Pada aktivitas mental base line 41,88%, menjadi 75% pada siklus I, selisihnya 33,12%. Siklus II 85%, selisih antara siklus I dan siklus II adalah 10%. Dengan rata-rata peningkatan dari base line hingga siklus II adalah sebesar 21,56%. Pada aktivitas emosional base line 58,75% menjadi 81,25% pada siklus I, selisihnya 22,5%. Siklus II 88,75%, selisih antara siklus I dan siklus II adalah 7,5%. Dengan rata-rata peningkatan dari base line hingga siklus II adalah sebesar 15%.

Kata Kunci : Matematika dasar,metode learning community.

Abstract : The type of research conducted by the author is Classroom Action Research ( CAR). Benefits of this research is to improve students ' learning activities in simple fractions using the learning community. The method used is descriptive method using direct observation techniques , types of classroom action research ( Classroom Action Research ) . Performance indicators are physical activity , mental activity and emotional activity participants didik.Penelitian performed for 2 cycles with the implementation procedures of planning , implementation , observation , and concludes with reflection . Results and discussion aktivitasfisik base line at 30 % to 62.5 % in the first cycle , the difference is 32.5 % . Cycle II 77.5 % , the difference between the first cycle and the second cycle was 15 % . With an average increase from baseline to the second cycle is equal to 23.75 % . At baseline mental activity 41.88 % , to 75 % in the first cycle , the difference is 33.12 % . Cycle II 85 % , the difference between the first cycle and the second cycle was 10 % . With an average increase from baseline to the second cycle is equal to 21.56 % . At baseline emotional activity 58.75 % to 81.25 % in the first cycle , the difference is 22.5 % . Cycle II 88.75 % , the difference between the first cycle and the second cycle was 7.5 % . With an average increase from baseline to the second cycle was at 15 % .

Keywords : Mathematical basis , methods of learning community .


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats