PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VI
Abstract
Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VI A Sekolah Dasar Swasta Mujahidin Pontianak. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus terhadap 42 peserta didik, teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator dan analisis data dilakukan secara deskriftif dengan teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan, aktivitas belajar peserta didik dari sebelum tindakan sampai pada tindakan siklus II mengalami peningkatam sebagai berikut: dimana aktivitas fisik sebesar 18,10%, aktivitas mental sebesar 10,12%,sedangkan aktivitas emosional sebesar 47,02%.Setelah dibrikan tindakan yaitu siklus 1,dimana aktivitas fisik meningkat sebesar 35,47%, aktivitas mental meningkat sebesar 18,21%,sedangkan aktivitas emosional meningkat sebesar 10,83%.Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus II, aktivitas fisik meningkat sebesar 51,42%, aktivitas mental meningkat sebesar 40,36%, sedangkan aktivitas emosional meningkat sebesar 32,02%. Dengan demikian menggunakan pendekatan konstekstual dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS.
Kata kunci : Aktivitas, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran IPS
Abstract : A common problem in this study is : Are the contextual approach can improve learners' learning activities in Social Science subjects in class VI A Private Elementary Schools Mujahideen Pontianak . This research was conducted in two cycles to 42 learners, techniques of data collection through observations by teachers and collaborators and descriptive data analysis conducted with techniques percentage . Results of research conducted , the activities of learners from pre- action to the action cycle II peningkatam as follows : where physical activity by 18.10 % , amounting to 10.12 % of mental activity , while the emotional activity of 47.02 % . Upon dibrikan action ie cycle 1 , wherein the physical activity increased by 35.47 % , activity increased by 18.21 % mental , emotional activity while increased by 10.83 % . then after a given action in the second cycle , physical activity increased by 51.42 % , mental activity increased by 40.36 % , while the emotional activity increased by 32.02 % . Thus using contextual approach can increase the activity of learning social studies .
Keywords: Activities, Contextual Approach, Social Learning
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats