PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA SMP NEGERI I KECAMATAN LUMARKABUPATEN BENGKAYANG
Abstract
ABSTRAK: Yang menjadi masalah dalam penelitian ini antara dan pengaruh motivasi belajar siswa dan latar belakang status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 kecamatan Lumar Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kecamatan Lumar Kabupaten Bengkayang, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Lumar Kabupaten Bengkayang yang berjumlah 70 orang siswa tahun ajaran 2012/2013, dan seluruhnya menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1. Teknik observasi langsung, 2. Teknik komunikasi langsung, 3. Teknik komunikasi tidak langsung, dan 4. Teknik studi dokumenter. Sedangkan alat untuk pengumpulan data yang digunakan adalah : 1. Pedoman interview, 2. Kuesioner dan 3. dokumentasi. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa dan latar belakang status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Lumar Kabupaten Bengkayang, dengan nilai koefisien korelasi simultan.0,917 yang tergolong memiliki pengaruh yang sangat tinggi.
Kata Kunci : Motivasi BelajarModel, Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa
ABSTRACT : The problem in this study between students' learning motivation and the influence of background and socioeconomic status of the parents of students towards learning outcomes IPS Economy class VIII student of SMP Negeri 1 Sub Lumar Regency stuffed . The study was conducted at SMP Negeri 1 Sub Lumar Regency gorged , this study uses a descriptive method with a quantitative approach , and the population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 1 Sub Lumar Regency stuffed totaling 70 students of the academic year 2012/2013 , and throughout the study sample . Data collection techniques used were: 1 .Direct observation techniques , 2 . Direct communication techniques , 3 . Indirect communication techniques , and 4 . Documentary study technique . While the tools used for data collection are : 1 . Guidelines interview , 2 . Questionnaire and 3 . documentation . There is a positive and significant influence on students' learning motivation and background of social and economic status of older students towards learning outcomes IPS Economy class VIII student of SMP Negeri 1 Sub Lumar Regency gorged , with the correlationcoefficient simultan.0,917 belonging to a very high influence .
Keywords : Motivation Learning Model , Socio-Economic Background Elderlyand Economic IPS Student Learning Outcome
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats