PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak:Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 12 Sandai? Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sandai Ketapang dengan menggunakan media audio visual.Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif dengan sifat kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sandai yang berjumlah 15 orang dan guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita rakyat pada base line 27,6%, kemudian meningkat pada tiap siklus menjadi 32,4 pada siklus I, 54,3 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 74,3 pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia.
Kata kunci: Peningkatan,keterampilan menyimak, media audio visual.
Abstract: The problem inthis study is how the in crease infol klorelistening skills by using audio-visual mediain class Vin 12 Sandai Elementary School? This study aimstogain an idea of ??the in crease instudents'listening skills folklore Elementary Schoolfifth grade1 2 Sandai Ketapang using audio-visual media. The method used in this class room action research is descriptive method with the collaborative nature of the research with colleagues. The study was conductedin twocycles. The subjects werestudents of class VE lementary School 12 Sandai whic hamounted to 15 people and teachers. The results showed that listening skills folk loreat baseline27.6%, the nincreased ineachcycleto 32.4in the first cycle, 54.3on the second cycle, and incre as edagainto 74.3in thethird cycle. It can be concluded that theuse of audio-visual media canen han celistening skills folk lore Indonesian studentsin the lesson.
Keywords: Improvement, listening skills, audio-visual media.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats