PENINGKATAN AKTIVITAS MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I
Abstract
Abstrak : Pembelajaran bahasa Indonesia di arahkan untuk kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca permulaan dengan menggunakan kartu huruf. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi studi pendahuluan (observasi awal), perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran membaca dengan menggunakan media kartu huruf. Instrumen pertam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengumpul data dengan menggunakan instrumen penunjang berupa lembar observasi. Analisis data di lakukan dengan mengikuti alur analisis data yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran membaca dengan menggunakan media kartu huruf pada setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan. Pada siklus 1 terjadi peningkatan rata rata 57,14 % . Pada siklus II terjadi peningkatan rata rata 89,52 %. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan aktivitas membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 04 Bengkayang.Kata Kunci : Membaca permulaan, media kartu huruf, pembelajaran bahasa Indonesia
Abstract :Learning Indonesian inpoint to the ability of learners to communicate in Indonesianis good and right, both orally and inwriting, and fosteran appreciation ofthe work of Indonesian literature. Classroom action resear chaim stoim proverea ding comprehension begin ning with the letter card.This study uses descriptive and qualitative approach to research design classaction. The design ofthis study in cludesa preliminary study (preliminary observations), planning, action, observation and reflection. Subjects in this study were educators and learners in the learning process by using amediacard reading letters. The firstin strument of this study is ther esearchers them selves whoactas data collectorsusing a supporting instrument observation sheet. Data analysis wasdone by follow ing the flowof data analysis in cludes data collection data reduction, data display and conclusion. The results of the implementation of the act of learning to read the media cardusing the letter soneach cycleal ways increase. An increasein cycle 1average-average57.14%.In the second cyclean in crease in the average average 89.52%.This suggests that learning Indonesian mediausing letter card scanin crease the activity of reading beginning at grade1learners Elementary School 04 Bengkayang.
Keywords : Reading starters, Media card letters, Learning Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats