PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII C SMPN 1 ANJONGAN
Abstract
Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan Melalui Metode Pemodelan Pada Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Anjongan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan melalui metode pemodelan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Perencanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 3,83, siklus II memperoleh skor rata-rata 4,26. Penerapan metode pemodelan ternyata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan perjalanan. Pada siklus I rata-rata kemampuan siswa menulis laporan perjalanan sebesar 70,37 dan siklus II menjadi 74,08, dengan ketuntasan belajar siklus I sebesar 70,00%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa naik menjadi 76,67%.
Kata Kunci : Kata Kunci : menulis, laporan perjalanan, metode pemodelan
Abstract: Writing Reports Capacity Journey Through Modeling Methods In Grade VIII C SMPN 1 Anjongan Year Learning 2012/2013. This study aimed to describe the increase in the ability to write a trip report through modeling methods. The research method used is descriptive method of research is a form of action research. Based on these results we can conclude the following. Learning plan in the first cycle to obtain an average score of 3.83, the second cycle to obtain an average score of 4.26. The application of modeling methods may increase the ability of students to write a trip report. In the first cycle the average ability of students to write a trip report for 70.37 and a 74.08 second cycle, with mastery learning cycle of 70.00%, while on the second cycle mastery learning students rose to 76.67%.
Keywords: writing, travel reports, modeling methods
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v1i1.474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats