PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 17 PONTIANAK KOTA
Abstract
Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran IPS di SDN 17 Pontianak Kota, khususnya pembelajaran IPS kelas IV masih dilaksanakan dengan cara-cara yang konvensional, seperti ceramah dan tanya jawab saja. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Untuk itulah maka Penelitian Tindakan Kelas ini akan menggunakan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Masalah umum penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SDN 17 Pontianak Kota? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan metode demonstrasi di kleas IV SDN 17 Pontianak Kota. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sifat kolaboratif. Subjek penelitian guru yang mengajar IPS dan peserta didik kelas IV SDN 17 Pontianak Kota. Setting penelitian setting dalam kelas. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi dan instrument soal. Data yang dikumpulkan adalah data tentang proses pembelajaran. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ternyata metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik dari rata-rata 56,57% di siklus 1 menjadi 84,57% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar28%. Metode demonstrasi juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik dari nilai rata- rata 67,42% di siklus 1 menjadi rata-rata 84,57% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar39,35%. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat disarankan bahwa metode demonstrasi dapat dijadikan alternative dalam usaha meningkatkan aktivitas belajar.
Kata kunci : aktivitas, metode demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Sosial
Abstract: The background of this research is learning IPS in SDN 17 Pontianak City, especially the fourth grade social studies lesson was carried out by conventional methods, such as lectures and question. As a result of activities and learning outcomes of students is low . For that reason, this study will use a class action method using demonstration to improve the learners in the learning activity. A common problem of this study is " Does the demonstration method can improve the learning process in the Social Sciences fourth grade SDN 17 Pontianak City?" The purpose of the study to describe the improvement of the learning process of learners in the learning of Social Sciences at the demonstration using grade IV SDN 17 Pontianak City. The method used is descriptive method. Collaborative nature. Research subjects who teaches social studies teachers and learners fourth grade SDN 17 Pontianak City. Setting research in the classroom setting. The technique used is the technique of direct observation and measurement techniques. While the data collection tool is a matter of observation sheets and instruments. The data collected is data about the learning process.
The results of this study, it can be concluded that in fact the demonstration method proven to improve the learning process of students on average 56.57% in first cycle to 84.57 % in second cycle, an increase to 28%. Demonstrations have proven methods to improve learning outcomes of learners IPS average value of 67.42% in first cycle to an average of 84.57% in srcond cycle, an increase to 39.35%. Based on these conclusions, it can be suggested that the demonstration can be used as alternative methods in an effort to improve the learning activity.
Keywords : activity , demonstration method , Social Sciences
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4713
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats