POLA INTERAKSI SOSIAL BERBASIS GENDER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi sosial berbasis gender dalam pembelajaran sosilogi siswa kelas X di MAS Darul Ulum Kecamatan Sungai Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pola interaksi sosial berbasis gender dalam pembelajaran soiologi siswa kelas X yaitu interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Dalam proses pembelajaran terjalin interaksi yang sangat baik antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan kelompok siswa dengan kelompok siswa. Guru menggunakan metode ceramah, metode artikulasi, dan metode diskusi. Siswa sangat menyukai metode diskusi kelompok dalam proses pembelajaran sosiologi.
Kata Kunci: Interaksi sosial, Berbasis Gender, Pembelajaran Sosiologi
Abstark :This study aimed to identify how Patterns of Gender -Based Social Interaction of Sociology Learning on Class X students of Mas Darul Ulum Sungai Raya.This research was a qualitative descriptive method. The technique of data collection used was participant observation, interview, and documentation. Based on research findings, patterns of gender -based social interaction of sociology learning on class x students was the interaction of individual and individual, individual and group, and group and group. Interaction among teachers and students, students and students, and groups and groups were good in the learning process. Teacher used lecture, articulation, and discussion methods. students were pleased to study using the discussion method in sociology learning process.
Keywords: social interaction, Gender Based , Sociology learning
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats