PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PEMBELAJARAN IPA KELAS II SD
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui metode kerja kelompok pembelajaran IPA Kelas II SDN 26 Tanjung Beruang Kecamatan Putussibau Utara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitiannya penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, alat pengumpulan data yaitu lembar observasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran yaitu siklus I rata- rata skor 2,53 meningkat pada siklus II 3,88. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu siklus I rata- rata skor 2,3 meningkat pada siklus II 3,71. Peningkatan aktivitas fisik rata- rata siklus I 50% meningkat pada siklus II menjadi 96,66%. Aktifitas mental rata- rata siklus I 50% meningkat pada siklus II menjadi 96,66%. Aktifitas emosional rata- rata siklus I 38% meningkat pada siklus II menjadi 88%.
Kata kunci : Peningkatan Aktivitas, Kerja Kelompok, IPA
Abstract: The purpose of the study to describe increased activity of learners through group work method of learning science SDN 26 Tanjung Beruang Class II Putussibau District of North. The method used is descriptive method to research the type of action research. Subjects were students of class II totaling 10 people. Data collection techniques used are direct observation techniques, data collection tools, namely the observation sheet. The experiment was conducted in two cycles, the results of the study there was an increase in the ability of teachers to plan learning that the first cycle an average score of 2.53 increased to 3.88 second cycle. The ability of teachers to implement the first cycle of learning that is the average score of 2.3 increase in cycle II 3.71. Increased physical activity an average of the first cycle 50% increase in cycle II to 96.66 % . Mental activity cycle I mean 50 % increase in cycle II to 96.66 %. Emotional activity cycle I mean 38 % increase in the second cycle to 88 %.
Keywords: Increased Activity, Group Work, IPA
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats