PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES KELAS VI
Abstract
Abstrak : Peningkatan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri No.12 Merahau Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah studi pengebangan, sifat penelitiannya kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Perhitungan dilakukan selama 2 siklus, hasil perhitungan menunjukkan rata-rata aktifitas pada baseline aktivitas fisik 31,94%, aktifitas mental 23,15%, aktivitas emosional 29,48%. Siklus I aktivitas fisik 72,22%, aktifitas mental 70,37%, aktivitas emosional 71,14%. Siklus II aktivitas fisik 94,44%, aktifitas mental 88.89%, aktivitas emosional 92,13%. Berdasarkan data yang telah diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri No.12 Merahau Sintang.
Kata Kunci : peningkatan, motivasi, keterampilan proses
Abstract : Improving Citizenship Education Learning Activities by Using process skills approach in grade VI . This study aims to determine the increase in activity of students using process skills approach. The method used is descriptive method to shape the nature of research is the study of the development of qualitative research and the type of research is action research . The calculation is performed for 2 cycles , the calculation results showed that the average activity in 31,94% of baseline physical activity , mental activity, 23,15% , 29,48% emotional activity . First cycle of physical activity 72,22% , 70,37% mental activity , emotional activity of 71,14% . Cycle II 94,44% of physical activity , mental activity, 88.89% , 92,13% emotional activity. Based on the data that has been obtained , showing that there is an increase in the student activity Mathematics Education learning using process skills approach in the VI grade Elementary School No. 12 Merahau Sintang .
Keywords: improving, motivation, skills proccess
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats