DESKRIPSI LITERASI SAINS SISWA DALAM MODEL INKUIRI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 9 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang literasi sains siswa kelas XI IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi laju reaksi di SMA Negeri 9 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah siswa yang berpartisipasi sebanyak 28 orang kelas XI IPA 2. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengukur literasi sains siswa adalah tes hasil belajar dan LKS praktikum. Literasi sains yang diukur meliputi konten sains, proses sains, dan konteks sains. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur konten dan konteks sains, sedangkan LKS praktikum digunakan untuk mengukur proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa literasi sains siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Pontianak sebesar 82,14% yang tergolong kategori sedang. Hal ini menggambarkan bahwa melalui model pembelajaran inkuiri dapat melatih kemampuan literasi sains siswa.
Kata kunci: literasi sains siswa, model inkuiri, laju reaksi
Abstract: The aim of this research is to describe the science literacy of eleventh-grade of science class in SMA Negeri 9 Pontianak, which used inquiry model on reaction rate subject matter. The method of this research is descriptive with qualitative approach. The technique of collecting sample is purposive sampling with number of participants are 28 students. The instruments that be used to collect the data to measure students science literacy are learning outcome test and student practical worksheet. Science literacy that be measured are science content, science process, and science context. The learning outcome test is used to measure the content and context of science. While the student practical worksheet is used to measure the science process. The analysis of the data shows that students science literacy of eleventh grade of science class in SMA Negeri 9 Pontianak is about 82,14%, it belongs to average category. Thus, inquiry model can improve the students science literacy.
Keywords: student science literacy, inquiry model, reaction rate
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats