MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN PADA SISWA KELAS V SDN NO.19 SETOGOR, KECAMATAN SEKAYAM
Abstract
Abstrak: Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Percobaan pada Siswa Kelas V SDN No.19 Setogor, Kecamatan Sekayam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui metode percobaan di kelas V SDN No.19 Setogor. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa mencapai 25%, pada pertemuan kedua mencapai 50%. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah semakin meningkat hal ini dapat dilihat dari pada pertemuan pertama siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 60% dan mencapai 85% pada pertemuan kedua. Hal ini berarti dengan menggunakan metode percobaan dapat meningkatkan proses da hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Proses dan Hasil Belajar, metode percobaan, Pembelajaran IPA.
Abstract: increasing process and learning results of Natural Science by using experiment method in fifth grade of SDN 19 Setogor, Sekayam. The purpose of this research is increasing process and learning results of of Natural Science by using experiment method in fifth grade of SDN 19 Setogor, Sekayam. This research was conducted in two cycles. Each cycle of action procedures which are planning, acting, observating, and reflecting.On the first cycle the evaluation results reached 25% at the first part, and reach 50% on the second part. On the second cycle the evaluation results reached 60% on the first part, and reached 85% on the second part. In this case, by using experiment method can increase process n learning results of Natural Science in fifth grade of SDN 19 Setogor, Sekayam
Key Word : Process and Learning Results, experiment Method, Natural Science Learning
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats